Wakestock Festival Mulai Gunakan Tiket Gelang Tangan (Wristband) RFID Microchip Bagi Pengunjung

Untuk pertama kalinya gelang tangan yang dilengkapi dengan rfid microchips (rfid wristband) digunakan oleh sekitar 15.000 pengunjung festival di Wakestock, Cardigan Bay, Wales.

Hal ini, menurut sang perancang akan menurunkan kemungkinan tiket palsu dan juga antrian. “Keuntungannya besar. Ini akan menjadi masa depan dari festival,” ujar sang penyelenggara, Stuart Galbraith yang menjelaskan bahwa keuntungan utama bagi penyelenggara adalah mengetahui dengan pasti berapa banyak orang yang berada di kawasan festival.

Di sisi lain, Galbraith  juga mengakui bahwa teknologi ini cukup mahal. “Alasan kami bisa menggunakannya tahun ini adalah karena kami memiliki sponsor untuk menutupi biayanya. Jika semakin meluas, maka ini akan jadi semakin murah.” Meski begitu, penyelenggara membantah bahwa biaya untuk ini akan dibebankan pada pembeli tiket nantinya.

Namun tak begitu dengan penyelenggara festival lain, yang mengakui teknologi ini memang luar biasa tapi ada kekhawatiran kalau ini akan membuat festival menjadi terlalu komersil. Hal ini juga senada dengan pendapat Ed Sheeran, penyanyi dan produser yang juga salah satu headliner di Wakestock. “Selalu bagus mencoba dan mendorong  batas teknologi tapi saya tidak tahu apakah ini akan berhasil dengan festival. (Karena) Festival (bisa) berjalan tanpa teknologi.”

Suara pengunjung pun terbagi ke dalam pro dan kontra. Ada yang merasa semuanya jadi lebih cepat dan mudah berkat gelang dengan microchips ini, namun ada juga pengunjung yang merasa kurang nyaman dan khawatir jika setiap pergerakan mereka akan terlacak selama berada di sekitar kawasan itu. “Sedikit tidak nyaman dan perlu ada informasi lebih tentang apa yang gelang ini bisa lakukan di sekitar area ini,” ujar salah satu pengunjung.

Gelang ini terlihat seperti dari bahan standar bedanya dilengkapi dengan microchip RFID (radio frequency identification). Pengunjung festival di-scan saat masuk dan keluar area di kawasan festival, dan penyelenggara bisa memonitor data-data mereka.

Cara ini sebelumnya pernah digunakan di festival besar di Amerika Utara dan di salah satu show di UK termasuk saat konser Red Hot Chili Peppers baru-baru ini di Knebworth House,  Hertfordshire. Teknologi yang sama juga tersedia untuk pengunjung dalam grup di Festival Isle Of Wight dan Wireless.

Tags: mifare card, rfid tag, sistem tiketing waterboom, smart card, tiket waterboom